Kaca yang digunakan oleh smartphone banyak macamnya, dan salah satu yang diklaim paling kuat tahan banting dan tahan terhadap goresan logam adalah “corning gorilla glass”. Kaca yang digunakan pertama kali pada iphone seri pertama pada 2007 silam memang telah teruji kuat dan keras. Banyak video di youtube dimana kaca gorilla glass diuji tekan dan digores-gores menggunakan kunci bahkan pisau.

Gorilla glass sekarang sudah sampai generasi ke-4 yang digunakan pada perangkat mobile terutama smartphone. Tentu dari generasi pertama hingga generasi ke-4 ini semakin bagus dan semakin kuat. Tapi apakah gorilla glass sekuat seperti yang diperlihatkan dalam video youtube?.
Untuk membuktikan itu kiniada.com mengujinya pada salah satu smartphone dari Samsung yang telah menggunakan Corning Gorilla Glass 4.
Pengujian pertama dilakukan hanya seperti orang normal membawa smartphone tapi orang tersebut sedikit ceroboh. Yaitu dengan meletakkan smartphone di saku yang terdapat kunci motor dan kunci rumah di dalamnya. Kondisi saku masih longgar tidak ketat seperti kalau kita memakai celana jeans.
Pengujian kedua dilakukan juga seperti orang normal yang agak ceroboh tadi tapi menggunakan celana jeans yang ketat. Jadi Smartphone dan kunci benar-benar berhimpitan bahkan kadang tertekan karena gerakan-gerakan tertentu.
Dari dua kali pengujian tersebut Corning Gorilla Glass membuktikan kekuatanya terbukti tidak mudah tergores, dan tidak mudah pecah seperti kaca smartphone biasa ketika digunakan di saku celana yang ketat dan pada gerakan tertentu yang menekan smartphone itu, layar bisa retak bahkan pecah. Tetapi bukan berarti Gorilla Glass sama sekali tidak bisa tergores. Pada pengujian ke-2 setelah diamati dengan teliti ternyata ada goresan halus pada layar yang diakibatkan oleh goresan kunci. Memang goresan yang dihasilkan tidak separah pada layar smartphone biasa, tetapi tetap saja Gorilla Glass bisa tergores oleh benda seperti kunci.

“Faqih”