Gadget

Xiaomi Mi 4i

IMG_5233

Beberapa waktu lalu melihat Mi 4i punya kawan membuat saya tertarik untuk membelinya. Salah satu yang menarik dari Mi 4i adalah designnya yang tipis dan pas digenggam dengan layar 5″. Bagian lain yang membuat menarik adalah spesifikasi yang tertanam didalamnya. Membuat penasaran bukan?. Baiklah mari kita ulas satu-satu

Unboxing

Paketan datang dari toko online lengkap dengan kayu-kayu pengamannya. Lumayan cepat sesuai jadwal pesanan Xiaomi mi4i sampai. Box Mi4i tidak terlihat mewah, hanya seperti kardus biasa. Didalamnya terdapat 1 unit Smartphone Xiaomi Mi4i ,charger dan manual book, tidak ada headphone. Padahal sudah sangat berharap ada headphone di dalamnya. Ya harus terima, karena ini salah satu cara untuk menekan harga.

Seperti pada umumnya layar mi4i dalam box masih terbungkus plastik. Setelah dilepas dan diperhatikan keindahan bentuk Xiaomi Mi4i ini terlihat. Bodinya yang tipis membuat menarik, apalagi jika dengan warna putih makin membuat terlihat elegan.

Spesifikasi

Mi4i dibekali spesifikasi yang sangat menarik. Processor Octacore, RAM 2G, memori internal 16Gb, dan support 4G LTE.

Spesifikasi

Model Number Mi 4i
Android version 5.0.2 LRX22G
UI MIUI 6.5.6.0 (LXIMICD)
CPU Octa-core Max 1.7GHz
Arm Cortex-A53
Qualcom Snapdragon 615
64-bit
GPU Adreno 405
RAM 2.00 GB
Internal Memory 16 GB
Slot Micro SD No
Display 5″ IPS LCD Capasitive Touchscreen
1080 x 1920 pixels (441 ppi)
Corning scratch-resistant glass
Rear Camera 13.0 Mega Pixel (4160×3120)
Front-facing Camera 5.0 Mega Pixel (2592×1944)

Pengujian 

Score pengujian menggunakan Antutu Benchmark mencapai 29000, ini terbilang cukup, belum istimewa memang untuk spesifikasi seperti diatas. Tetapi untuk smartphone dengan kelas harga Mi 4i, score ini terbilang tinggi.

Dengan nilai 29000, melakukan multitasking seperti browsing dengan membuka halaman yang cukup banyak sambil chating masih bisa teratasi. Tetapi jika jaringan internet sedang buruk, coba paksakan untuk membuka beberapa halaman internet , Mi 4i akan terjadi lags, jika terus dipaksakan untuk membuka aplikasi yang lain, tiba-tiba device akan restart sendiri. Untuk bermain game, saya coba untuk memainkan game “Real Drift”. Baru bermain sekitar satu putaran, bagian body belakang segera terasa panas, dan sedikit ada lags saat memainkannya.

Pengujian layar Mi 4i dengan meletakkan Mi 4i di kantong baju depan dijadikan satu dengan ID Card yang terbuat dari plastic dan digunakan untuk kegiatan seperti biasa kerja di kantor. Setelah 5 hari terlihat ada goresan garis lurus di layarnya. Sepertinya ID Card Plastic dapat menggores layarnya. Perlindungan layar menggunakan corning scratch-resistant glass ternyata masih perlu hati-hati dalam penggunaan, atau segera pasang pelindung.

Ketajaman gambar dan warna yang dikeluarkan patut diacungi jempol, sangat jernih dan kerapatannya hingga 441 ppi membuat menonton video, gambar, dan bermain game sangat menyenangkan.

Kamera 13 MP dari sony yang tertanam di bagian belakang cukup baik, gambar jernih, fokus kamera juga mengesankan. Terlihat pada hasil foto, bagian depan mobil bisa terlihat sangat fokus dan semakin kebelakang terlihat efek bokeh. Pada kondisi Low Light, gambar masih terlihat cukup jelas, dan jika dirasa kurang bisa menggunakan flash light. Kamera depan 5 MP sangat memuaskan untuk selfie, gambarnya jernih, bagi yang ingin narsis atau selfie untuk di upload ke sosial media, 5 MP dirasa pas.

  Hasil foto kamera belakang

  Hasil foto kamera belakang kondisi low light

Jaringan Mi 4i mendukung 4G, sayang di area pengujian tidak terdapat koneksi 4G. Tetapi untuk kualitas menangkap sinyal Mi 4i cukup baik. Saya buktikan dengan membawa Mi 4i ke ruangan yang dengan menggunakan Galaxy Nexus hanya bisa digunakan untuk telephone saja, itu pun harus diulang berkali-kali untuk bisa menelephone, tetapi Mi 4i masih bisa browsing  internet dengan menerima jaringan Edge. Untuk melakukan panggilan pun sangat nyaman suaranya jernih. (pengujian menggunakan nomor yang sama)

Kekurangan

Body licin, kurang nyaman saat mengambilnya dari kantong. Selain itu juga terdapat cacat produksi pada bezel, itu ditemukan pada beberapa unit termasuk yang saya gunakan untuk di uji ini. Cacat ini terlihat ketika digunakan pada lokasi gelap, terlihat ada cahaya yang menerobos dari sela-sela bezel. Tapi tidak perlu khawatir, dari forum pengguna xiaomi mengungkapkan ini bisa diatasi dengan monggosok-gosok bagian sekitar yang terlihat renggang. Ini saya buktikan sendiri dan sedikit berhasil.

IMG_5201

Kelebihan

Dengan spesifikasi yang mumpuni harganya masih dibawah para rivalnya.

Kamera cukup baik, sangat jernih. Batreinya pun tahan lama, digunakan untuk browsing, chating, dan telephone seperti penggunaan normal bisa tahan sampai 15 jam. User interface nya yang menggunakan Miui juga menarik, memang sangat mirip dengan IOS pada iphone, tetapi menurut saya jauh lebih baik Miui di Smartphone ini.

Kesimpulan

Xiaomi Mi 4i layak mendapat nilai 7.5 dari nilai tertinggi 10. Tampilannya yang simple tipis, Ui yang mempesona, dan memiliki mesin yang tinggi di kelas harganya, layak untuk dimiliki bagi anda yang menginginkan smartphone dengan harga dibawah 3 juta rupiah.

1 Comment

  1. Aku kemaren baru aja mbelanjain orang sepaket. Xiaome Mi 4i, Mi Power Bank 16000 mAh, Mi In-Ear Headphone, sama Mi Band. Earphone-nya bagus tuh, packaging-nya juga lumayan.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén